50 Fakta Menarik Tentang Korea Selatan


Jatuh bangun mewarnai sejarah panjang korea selatan. Sikap patriotik dan daya juang masyarakat Korea begitu heroik yang pada akhirnya mengantarkan negara ini tampil sejajar dengan negara-negara maju di dunia. Betapa tidak, dalam waktu empat dekade, sejak merdeka dari penjajahan, Korea Selatan menjelma sebagai negara paling kaya dan tercanggih di dunia dengan nilai ekonomi triliunan dolar.
Korea Selatan semakin populer di mata dunia. Korea Selatan juga terkenal dengan drama-drama romantisnya yang menyentuh hati. Ditambah lagi, Korea punya banyak boyband dan girlband keren yang beranggotakan cowok cewek berwajah menawan dengan skill menyanyi dan menari yang cukup mumpuni. Maka tak heran jika makin banyak masyarakat dunia tergila-gila dengan hal-hal berbau Korea. Apakah kamu termasuk salah satu penggemar Korea? Jangan menjawab ya jika kamu belum tahu fakta-fakta menarik tentang Korea berikut ini !
50 Fakta Menarik Tentang Korea Selatan

1. Korea Selatan terletak di bagian selatan Semenanjung Korea yang menjorok sekitar 11.000 km dari daratan utama Asia.
2. Korea Selatan dibatasi oleh Laut Jepang di sebelah timur, Laut Cina Timur di sebelah selatan, Laut Kuning di sebelah barat, dan Korea Utara di sebelah utara.


3. Wilayah Korea Selatan hanya bisa dimasuki melalui jalur udara dan air. Meski daratan Korea Selatan menyatu dengan benua Asia, ada Korea Utara yang membentengi Korea Selatan dari daratan Asia.
4. Korea Selatan tergolong sebagai negara maju dengan standar kehidupan tertinggi ke-2 di Asia.

5. Bendera Korea Selatan (Taegukgi) memiliki makna yang mendalam. Lambang yin yang warna merah dan biru menandakan kekuatan kosmik yang memberi keseimbangan dan harmoni satu sama lain sedangkan bentuk trigram di setiap sudut bendera melambangkan 4 elemen universal yaitu tanah, api, air, dan udara.

 
6. Korea Selatan merupakan salah satu negara pendiri APEC dan KTT Asia Timur. Korsel juga merupakan anggota dari PBB, WTO, dan OECD (Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi).
7. Hingga saat ini, belum ada kata damai antara Korea Selatan dan Utara. Kedua negara tersebut hanya sedang melakukan gencatan senjata.


8. Bentang alam Korea Selatan didominasi oleh pegunungan dan dataran tinggi.
9. Ada sekitar 3.000 pulau kecil yang tersebar di lepas pantai bagian barat dan selatan Korea Selatan. Mayoritas pulau tersebut tak berpenghuni.
10. Pulau Jeju yang terletak sekitar 100 km dari daratan utama Korea merupakan pulau terbesar di Korea Selatan.
(air terjun di jeju island)
11. Korea Selatan memiliki iklim kontinental basah dan subtropis basah (sangat panas pada musim panas namun cukup nyaman pada musim dingin).

12. Rata-rata suhudi Korea Selatan adalah -7 sampai 1 derajat Celsius pada musim dingin dan 22 sampai 30 derajat Celsius di musim panas.

13. Korea Selatan tercatat sebagai negara dengan perekonomian terbesar ke-4 di Asia dan ke-15 dunia. Tahun 1950. Korea Selatan adalah salah satu negara termiskin di dunia.
    Ekonominya hanya bergantung pada pertanian dan disebabkan perang dengan Jepang dan Korea Utara. Meskipun begitu, dalam 4 dekade Korea Selatan berubah dari negara termiskin, menjadi salah satu negara paling kaya dan tercanggih dengan nilai ekonomi Trillion dollar. Korea juga tercatat sebagai bangsa dengan pertumbuhan ekonmi tercepat sepanjang sejarah. Goldman Sachs meramalkan pada tahun 2050 nanti Korea Selatan akan menjadi negara nomor 2 terkaya di dunia dengan pendapatan $81,000.



14. Perekonomian Korea Selatan sangat bergantung pada ekspor dan impor. Pada tahun 2010, Korea Selatan tercatat sebagai negara pengekspor terbesar ke-6 dan pengimpor terbesar ke-10 di dunia.
15. Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan tingkat emigrasi tertinggi di dunia. Penduduk Korea dapat ditemukan di Jepang, Cina, dan negara-negara pecahan Uni Soviet.
16. Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) menobatkan Korea Selatan sebagai negara dengan perkiraan tingkat IQ tertinggi di dunia.
17. Seoul, Busan, Incheon, dan Daegu merupakan kota-kota terbesar di Korea Selatan yang dihuni oleh lebih dari 2 juta penduduk.

 (pantai haeundae, busan)
18. Pada tahun 2009, Korea Selatan memiliki tingkat kelahiran terendah di dunia. Namun, angka kelahiran di negara tersebut meningkat pesat pada tahun-tahun berikutnya.
19. Pada tahun 2008, usia harapan hidup di Korea Selatan adalah sekitar 79,1 tahun.
20. Mayoritas penduduk Seoul tinggal di apartemen.

21. Korea Selatan dikenal sebagai negara high-tech. Robot-robot digunakan untuk membersihkan rumah hingga mengajar di sekolah. Sementara itu, pemanas atau pendingin ruangan di Korea Selatan bisa diatur suhunya melalui ponsel.
22. Korea Selatan menjadi rumah dari raksasa teknologi dan otomotif dunia seperti Samsung, LG, Hyundai, dan Kia.

23. Anjing hasil kloning pertama di dunia, Snuppy, diciptakan di Universitas Nasional Seoul, Korea Selatan.
24. Korea Selatan merupakan satu-satunya negara yang seluruh wilayahnya sudah terhubung oleh jaringan broadband.
25. Rata-rata kecepatan internet di Korea Selatan pada kuartal pertama 2013 adalah 14 Mbit/s.
26. Korea Selatan memiliki sistem transportasi yang sangat baik. Bandara, stasiun kereta-cepat, pelabuhan dan dermaga, serta terminal bus tersedia di berbagai wilayah Korea.
27. Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan bersaing dengan Bandara Changi di Singapura sebagai bandara terbaik di dunia.







28. Nama Korea berasal dari kata Goryeo, sebuah kerajaan yang berkuasa pada abad pertengahan.
29. Para siswa sekolah tinggi (SMA) di Korea memiliki waktu belajar dari jam 08:00 pagi sampai 09:30 atau 10:00 malam. Bayangkan, 14 jam berada di sekolah ! Tujuannya
      agar para siswa bisa masuk ke dalam perguruan tinggi favorit karena persaingan di sana cukup tinggi. Seakan belum cukup dengan sekolah formal, para siswa biasanya juga akan menghadiri lembaga pendidikan swasta / Hagwon (학원). Ini berarti para siswa sekolah tinggi rata-rata tidak pulang sampai tengah malam. Sedangkan bagi siswa sekolah menengah, pihak sekolah masih memberi toleransi dengan waktu belajar antara 08:00 pagi sampai 04:00 sore, dengan tambahan Hagwon sepulang sekolah.


30. Para siswa di Korea menghabiskan sebagian waktunya di sekolah (dari jam 08:00 pagi sampai 09:30 atau 10:00 malam). Mereka belajar, makan,  dan bergaul bersama.
      Cara pemilihan siswa untuk Universitas di Korea sedikit berbeda di setiap Universitas karena disetiap Universitas mempunyai syarat-syarat tertentu. 



31. Korea Selatan merupakan satu-satunya negara yang merayakan hari jadi huruf sebagai hari libur nasional.
32. Huruf Hangul disebut-sebut sebagai huruf yang paling mudah dipelajari di dunia.
Huruf Hangul terdiri dari 14 konsonan dan 10 vokal.
33. Buddha dan Kristen adalah agama yang paling banyak dianut di Korea Selatan. Meski demikian, mayoritas penduduk Korea mengaku tak menganut agama tertentu.
34. Taekwondo merupakan olahraga nasional Korea Selatan. Hampir seluruh anak-anak di Korea Selatan mempelajari taekwondo sebagai bagian dari pendidikan.

35. Harga buah di Korea Selatan amat mahal. Satu buah semangka bisa dijual seharga Rp250.000.
36. Soju, minuman keras khas Korea, memiliki kadar alkohol hingga 20%.
37. Ubi menjadi salah satu makanan favorit di Korea Selatan. Ubi digunakan sebagai makanan pokok, bahan pembuatan keripik, roti, salad, gorengan, bahkan kue dan latte.
38. Korea Selatan merupakan destinasi terpopuler ke-20 di dunia. Pada tahun 2012, sekitar 11,1 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Korea Selatan.
39. Mayoritas wisatawan asing di Korea Selatan berasal dari Jepang, Cina, Taiwan, Hong Kong, dan Asia Tenggara.
40. Korea Selatan punya sekitar 20 taman nasional yang tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri.
41. Ada 10 Situs Warisan Dunia di Korea Selatan – 9 di antaranya merupakan situs budaya dan sejarah, sementara sisanya adalah situs alam.
42. Pulau Vulkanik dan Tabung Lava Jeju merupakan satu-satunya Situs Warisan Dunia dari kategori alam di Korea Selatan.
 
43. Pada tahun 2009, pemerintah Korea Selatan mengungkapkan rencana untuk membangun taman hiburan bertema robot.
44. Toko, restoran, kafe, dan bar buka hingga larut malam di Korea Selatan. Kebanyakan toko buka hingga pukul 11 malam sedangkan restoran, kafe, dan bar mungkin buka hingga pukul 4 pagi.
45. Bangunan-bangunan tradisional Korea memiliki atap yang melengkung seperti senyuman.
46. Jika bicara tentang Korea Selatan, maka tak lepas dari Namsan Seoul Tower. Menara yang mempunyai tinggi 237 meter ini terletak di Gunung Namsan. Menara ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan lokal atau mancanegara. Yang menarik, di bagian
      puncak menara, terdapat tempat yang bernama Love Lock. Di sini kita bisa mengabadikan dan menggembok rasa cinta kepada pasangan dengan menulis nama atau semacamnya, lalu memasang gembok di sekitar pagar. Lalu kunci gemboknya dibuang, sebagai pengharapan cinta Anda dan pasangan akan terus bersama. So Sweet!

47. Warga Korsel sangat gemar baca koran. Saat ini, ada lebih dari 60 edisi koran harian di Korea Selatan.
48. Menulis nama seseorang dengan tinta merah di Korea Selatan menandakan bahwa orang tersebut sudah meninggal dunia.
49. Warna taksi di Korea Selatan menentukan harga dan kualitas pengemudinya. Sebagai contoh, taksi warna putih dan abu-abu memasang tarif murah dengan pelayanan biasa-biasa saja, sementara taksi warna hitam merupakan taksi eksklusif yang bertarif agak mahal namun menawarkan pelayanan profesional.
50. Sama seperti di Singapura, air keran di Korea Selatan aman untuk diminum langsung.
 
Sekian sedikit info dari saya, semoga bermanfaat bagi anda semua. Jangan bosan mengunjungi blog ini ! kritik dan saran sangat diperlukan untuk membangun blog ini.
Silakan komentar, don't be silent reader !
Terimakasih,




4 Responses
  1. Romlah Afita Says:

    Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



  2. Siska qravity Says:

    infonya sangat menarik dan menambah wawasan saya

    minuman le minerale

  3. aditya.aulia139@gmail.com Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}


    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

  4. aditya.aulia139@gmail.com Says:

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

Posting Komentar

Blue Flower Design Pointer
abcs