50 Fakta Unik & Menarik Tentang India



India bisa dibilang sebagai salah satu negara paling menarik di dunia. Tercatat sebagai salah satu negara terluas di dunia, India mendapat julukan sebagai Anak Benua. Masyarakat India juga terkenal memiliki tradisi, budaya, dan kesenian yang unik dan berbeda dari negara manapun di dunia. Lebih istimewa lagi, India menjadi rumah dari banyak tempat wisata menarik, termasuk di antaranya Taj Mahal yang dinobatkan sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia. 
Puluhan fakta menarik lainnya tentang India dapat kamu temukan di bawah ini !
50 Fakta Menarik Tentang India

1. India tercatat sebagai negara demokrasi terbesar di dunia.
2. India merdeka dari jajahan Inggris pada 15 Agustus 1947, hampir tepat 2 tahun setelah Indonesia merdeka.
3. Bendera nasional India memiliki 3 warna utama yaitu kuning jingga, putih, dan biru. Kuning jingga melambangkan keberanian dan pengorbanan, putih melambangkan kebenaran dan perdamaian, sedangkan hijau mewakili kepercayaan, kesuburan, dan kesopanan.

4. India terbagi menjadi 28 negara bagian dan 7 wilayah serikat.
5. New Delhi merupakan ibukota India sementara Mumbai merupakan kota terbesar di India.
6. Mumbai memiliki populasi sebanyak 15 juta jiwa.
7. India berbatasan langsung dengan 6 negara yaitu Pakistan, Nepal, Cina, Bhutan, Myanmar, dan Bangladesh.
8. Ditinjau dari ukuran wilayah geografisnya, India merupakan negara terbesar ke-7 di dunia.
9. Dijuluki sebagai anak benua, India memiliki garis pantai sepanjang 7.517 km.
10. Wilayah pesisir India terdiri dari 43% pantai berpasir, 11% pantai berbatu, dan 46% sisanya merupakan daratan berlumpur atau pantai berawa.
11. Negara bagian Meghalaya di India tercatat sebagai tempat berpenghuni yang paling basah di dunia.
12. India merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Populasi India pada 2011 mencapai lebih dari 1,2 miliar.

13. Pada tahun 2011, India memiliki jumlah tenaga kerja terbesar ke-2 di dunia. Total tenaga kerja di India pada tahun tersebut mencapai 486,6 juta orang.
14. Perbandingan jumlah penduduk pria dan wanita di India pada tahun 2011 adalah 1.000:940.
15. Mayoritas penduduk India menganut agama Hindu (80,5%). Sisanya menganut agama Islam (13,4%), Kristen (2,3%), Sikh (1,9%), Buddha (0,8%), Jain (0,4%), Zoroastrian, dan Baha’i.
16. Lebih dari separuh penduduk India berusia kurang dari 25 tahun. Karenanya, India memiliki rata-rata usia penduduk lebih muda dibanding sebagian besar negara di dunia.
17. Sekitar 44% penduduk India usia balita memiliki berat badan di bawah rata-rata.
18. Menurut WHO, sekitar 900.000 penduduk India meninggal setiap tahun akibat air minum yang terkontaminasi.
19. India memiliki tingkat aborsi tertinggi di dunia.
20. Perbandingan antara jumlah dokter dan penduduk biasa di India adalah sekitar 50:100.000. Kasarnya, hanya tersedia 1 dokter untuk setiap 2.000 penduduk India.
21. Berdasarkan PDB nominalnya, India merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-10 di dunia.
22. Ditinjau dari daya belinya, India dinobatkan sebagai negara berperekonomian terbesar ke-3 di dunia.
23. Dalam 2 dekade terakhir, India mencatatkan rata-rata pertumbuhan ekonomi sebesar 5,8%.
24. India merupakan negara pengekspor pisang dan kacang kering terbesar di dunia.
25. Sektor jasa, industri, dan agrikultur adalah 3 sektor penyumbang PDB terbesar di India.
26. Beras, gandum, biji minyak, kapas, goni, teh, tebu, dan kentang merupakan produk-produk pertanian utama di India.
27. Pada kuartal pertama 2013, India menggeser posisi Jepang sebagai pasar smartphone terbesar ke-3 di dunia.
28. PDB per kapita di India lebih rendah dibandingkan negara-negara berkembang lainnya di Asia seperti Indonesia, Pakistan, Thailand, Filipina dan Sri Lanka.
29. India memiliki jaringan jalan raya terbesar ke-3 di dunia. Total panjang jalan raya di India mencapai 1,9 juta mil atau sekitar 3,058 juta km.
30. India memiliki jaringan kereta api terbesar ke-2 di dunia. Layanan kereta api juga menyerap tenaga kerja paling banyak di India.
31. India tak punya bahasa nasional. Bahasa Hindi dan Inggris adalah 2 bahasa resmi di India.
32. India memiliki jumlah penduduk berbahasa Inggris terbesar di dunia, bahkan mengalahkan Inggris sendiri.
33. Nama resmi India dalam bahasa Sanskerta adalah Bharat Ganarajya. Hingga saat ini, masih banyak penduduk India yang menyebut negaranya dengan nama Bharat.
34. Nama India berasal dari kata Indus. Indus merupakan nama sebuah sungai di Asia yang mengalir melalui Tibet, Pakistan, dan India.
35. Bollywood (julukan informal bagi industri perfilman berbahasa India) merupakan Industri perfilman terbesar di dunia. Nollywood milik Nigeria berada di peringkat ke-2 sedangkan Hollywood hanya menempati peringkat ke-3. 

36. Julukan Bollywood berasal dari kata Bombay (nama lama dari Mumbai) dan Hollywood.
37. India melarang warga lokal maupun wisatawan membawa Rupee (mata uang India) ke luar negeri.
38. India punya satu dari tujuh keajaiban dunia yaitu Taj Mahal. Setiap tahunnya, Taj Mahal dikunjungi oleh lebih dari 3 juta wisatawan.
39. Dengan alasan keamanan, hanya ada 5 benda yang boleh dibawa masuk ke kompleks Taj Mahal yaitu air minum dalam botol bening, kamera video kecil, kamera, ponsel, dan dompet wanita.
40. Taj Mahal menjadi bangunan suci yang amat dihormati di India. Dalam radius 500 m dari bangunan Taj Mahal, tak boleh ada kendaraan berpolusi atau asap-asap pembakaran lainnya.

41. Kota Varanasi merupakan kawasan tertua di dunia yang terus menerus dihuni oleh manusia. Kota ini pernah dikunjungi oleh Buddha pada tahun 500 SM.
42. India punya kuil unik bernama Khajuraho. Sebagian dinding kuil tersebut berhiaskan relief-relief erotis yang menggambarkan berbagai gaya hubungan seks manusia.
43. India menjadi rumah dari 8,6% spesies mamalia, 13,7% burung, 7,9% spesies reptil, 6% spesies amfibi, 12,2% jenis ikan, dan 6% jenis tanaman dunia.
44. Sekitar 2,9% spesies hewan yang terancam punah berhabitat di India.
45. Harimau Bengali merupakan hewan nasional India. Saat ini, hanya tersisa sekitar 4.000 ekor harimau di alam liar India.
46. Sapi dianggap sebagai hewan yang suci di India. Dalam kepercayaan Hindu, sapi merupakan lambang keberuntungan.
47. Bunga teratai dinobatkan sebagai bunga nasional India.
48. Pohon beringin merupakan pohon nasional India yang dianggap sebagai simbol keabadian.
49. Bunga marigold yang kerap digunakan dalam upacara pernikahan di India dianggap sebagai lambang keberuntungan dan kebahagiaan.
50. Harimau putih hanya ditemukan pada jenis harimau India.
 Sekian & Terimakasih
Semoga Bermanfaat !
3 Responses
  1. Romlah Afita Says:

    Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



  2. aditya.aulia139@gmail.com Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}


    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

Posting Komentar

Blue Flower Design Pointer
abcs