50 Fakta Unik & Menarik Tentang Filipina



Mirip seperti Indonesia, Filipina tercatat sebagai negara kepulauan di Asia Tenggara. Kehadiran pulau-pulau cantik yang didukung oleh iklim tropis yang hangat membuat Filipina berkembang menjadi salah satu destinasi utama di Asia Tenggara. Industri pariwisata Filipina semakin maju berkat keramahan penduduk dan kelezatan kulinernya. Ingin tahu lebih banyak tentang Filipina? Simak fakta-fakta menarik mengenai Filipina di bawah ini!
50 Fakta Menarik Tentang Filipina

1. Filipina ditemukan oleh Ferdinand Magellan pada tahun 1521.
2. Filipina (Republik Filipina) merdeka pada 12 Juni 1898 setelah dijajah oleh Spanyol selama lebih dari 300 tahun.
3. Sama seperti Indonesia, Filipina menganut sistem pemerintahan demokrasi dengan presiden sebagai kepala negara.
4. Filipina mengenal 2 bahasa resmi yaitu bahasa Filipina dan Inggris.
5. Nama Filipina berasal dari nama Raja Phillip II di Spanyol.
6. Ada sekitar 175 bahasa dan dialek daerah di Filipina.
7. Pemilihan presiden di Filipina diselenggarakan setiap 6 tahun.
8. Filipina tercatat sebagai negara dengan penduduk terbesar ke-7 di Asia dan ke-12 dunia.
9. Jumlah populasi Filipina mencapai 97 juta jiwa.
10. Agama Katolik Roman dianut oleh sekitar 80% penduduk Filipina.
11. Mayoritas perawat mancanegara berasal dari Filipina.
12. Ada 11 juta warga Filipina yang tinggal di luar negeri.
13. Usia harapan hidup di Filipina adalah 75,03 tahun untuk wanita dan 68,99 tahun untuk pria.
14. Ada lebih dari 7.100 pulau di Filipina, namun hanya sekitar 2.000 pulau yang berpenghuni.
15. Iklim dan letak geografis Filipina membuatnya rentan terhadap gempa bumi dan angin topan.
16. Meski luas wilayahnya jauh lebih sempit dari Indonesia, Filipina memiliki lebih banyak provinsi dan kotamadya. Terdapat 80 provinsi dan 1.496 kotamadya di Filipina.
17. Filipina terbagi atas 3 kelompok pulau besar yaitu Luzon, Visayas, dan Mindanao.
18. Seluruh wilayah Filipina berbatasan dengan laut; Laut Filipina di bagian timur, Laut Cina Selatan di bagian barat dan utara, dan Laut Celebes di selatan.
19. Gunung Apo dengan ketinggian 2.954 meter adalah gunung tertinggi di Filipina.
20. Galathea di Laut Filipina merupakan titik terdalam di Filipina dan terdalam ketiga di dunia.
21. Filipina merupakan negara dengan garis pantai terpanjang ke-5 di dunia.
22. Ada sekitar 200 gunung berapi di Filipina, namun hanya beberapa yang masih aktif.
23. Filipina merupakan negara penghasil energi panas bumi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.
24. Terdapat 3 musim di Filipina yaitu musim kemarau (Maret-Mei), penghujan (Juni-November), dan dingin kering (Desember-Februari).
25. Rata-rata suhu di Filipina adalah 26,6 derajat Celsius.
26. Setiap tahun, Filipina diterjang oleh sekitar 19 angin topan.
27. Nama ibukota Filipina, Manila, berasal dari kata “nilad” – sejenis tumbuhan yang banyak terdapat di Manila.
28. Filipina masuk dalam daftar 10 besar Negara Megadiverse (negara yang menjadi rumah dari mayoritas spesies bumi).
29. 100 spesies mamalia dan 170 spesies burung hanya bisa ditemukan di Filipina.
30. Dari 13.500 jenis tumbuhan di Filipina, 3.200 di antaranya adalah spesies unik yang tak terdapat di wilayah lain.
31. Filipina memiliki sistem terumbu karang berdampingan terbesar di dunia – Apo Reef.

32. Universitas tertua di Filipina – Universitas Santo Thomas – berusia 25 tahun lebih tua dari Harvard, universitas tertua di Amerika Serikat.
33. Tingkat literasi di Filipina mencapai 93,4%.
34. Produk Domestik Bruto (PDB) di Filipina tahun 2012 adalah $250.436 miliar, 3,7 kali lebih kecil dari Indonesia.
35. Filipina merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-40 dunia.
36. Goldman Sach memprediksi Filipina akan jadi negara dengan perekonomian terbesar ke-14 dunia pada 2050.
37. Ada 38,1 juta tenaga kerja di Filipina.
38. Sektor pertanian menyerap 32% tenaga kerja nasional, namun hanya menyumbang 14% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).
39. Filipina memiliki 5 situs warisan dunia UNESCO.
40. Boracay, salah satu destinasi terpopuler di Filipina, memiliki pasir putih halus yang berasal dari pecahan karang.

41. Boracay, El Nido, Pearl Farm, Siargao, dan Pagudpud adalah kawasan wisata pantai populer di Filipina.
42. Ada 85 bandara umum di seluruh wilayah Filipina. Bandara Ninoy Aquino tercatat sebagai bandara internasional utama di negara tersebut.
43. Philippines Airlines dari Filipina merupakan maskapai penerbangan komersil tertua di Asia.
44. Bus, jeepney, dan taksi adalah alat transportasi umum yang paling populer di Filipina.
45. Metro Manila tercatat sebagai kawasan metropolitan terpadat ke-11 di dunia.
46. Dalam kondisi perang, Filipina mengibarkan bendera secara terbalik.
47. Sekitar 5 juta penduduk Filipina menggunakan ponselnya sebagai dompet virtual.
48. Kebudayaan di Filipina dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu dan Eropa.
49. Filipina sering disebut sebagai “ibukota pesan singkat di dunia”. Sebanyak 35 juta ponsel di Filipina mengirim 300-400 pesan singkat setiap harinya.
50. lechón, adobo, sinigang, kare-kare, tapa, crispy pata, pancit, lumpia, dan halo-halo adalah nama-nama makanan populer khas Filipina.

5 Responses
  1. Romlah Afita Says:

    Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



  2. Siska qravity Says:

    ternyata banyak sekli fafkta menariknya yah

    Mayora Investasi

  3. aditya.aulia139@gmail.com Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}


    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

  4. aditya.aulia139@gmail.com Says:

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

  5. Amisha Says:

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Posting Komentar

Blue Flower Design Pointer
abcs